Ingin Menghemat Biaya Operasional Kantor? Virtual Office Jawabannya!
Aviso.co.id - Kamu punya bisnis dan ingin menghemat biaya operasional kantor? Kamu wajib pertimbangkan virtual office untuk solusinya! Simak penjelasannya di artikel ini.
Kantor atau bangunan sebagai pusat operasional adalah wajib ada sebagai aset sebuah usaha. Ini dikarenakan beberapa hal yaitu sebagai persyaratan izin usaha (harus ada alamat fisik), sebagai pusat operasional back office, dan sebagai alamat resmi untuk pengiriman bisnis.
Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa biaya untuk menjalankan kantor sehari-hari bisa menjadi beban. Beban-beban biaya ini adalah dalam hal listrik, air, internet, dan pajak. Belum lagi dengan biaya perawatan, kebersihan, dan perbaikan yang tidak bisa diprediksi.
Bila kamu mempertimbangkan untuk menghemat biaya operasional kantor, kamu bisa pertimbangkan virtual office sebagai pusat operasional modern bisnis kamu. Berikut penjelasannya ada di artikel ini
Ingin Menghemat Biaya Operasional Kantor? Virtual Office Jawabannya!
Beberapa alasan yang bisa membuat menggunakan virtual office bisa menghemat biaya operasional kantor adalah sebagai berikut:
1. Hemat Biaya Sewa Gedung
Ini dengan asumsi bisnis kamu memutuskan untuk menyewa gedung penuh dan tidak membangun dari awal. Biaya sewa gedung kantor di lokasi strategis seperti Jakarta bisa sangat mahal. Ini dikarenakan selayaknya penentuan harga sewa sebuah gedung adalah juga dihitung dengan luas tanahnya.
Dengan virtual office, Anda tetap mendapatkan alamat bisnis bonafide di area premium tanpa perlu membayar sewa ruang fisik yang besar, jauh lebih murah daripada menyewa gedung secara penuh. Apalagi bisa kamu bisa mendapatkan virtual office dengan alamat bisnis di Kuningan City, Jakarta Selatan seperti yang disediakan oleh Aviso Indonesia. Kamu bisa langsung cek virtual office yang tersedia di Aviso Indonesia disini.
2. Tidak Perlu Biaya Perawatan dan Utilitas
Listrik, air, AC, internet, hingga cleaning service biasanya menjadi beban tambahan dalam kantor konvensional. Virtual office mengeliminasi kebutuhan tersebut sehingga Anda bisa fokus pada hal yang lebih penting yaitu pengembangan bisnis. Ini dikarenakan biaya sewa virtual office sudah menghitung biaya-biaya operasional itu. Jadi, kamu tinggal membayar satu harga tanpa ada tambahan harga-harga tersembunyi, seperti yang disediakan di Aviso Indonesia.
3. Fleksibilitas Lokasi
Dengan virtual office, Anda dan tim bisa bekerja dari mana saja baik itu dari rumah, co-working space, bahkan luar negeri. Ini juga membuka peluang untuk merekrut talenta terbaik tanpa batasan lokasi geografis.
4. Efisiensi Sumber Daya Manusia
Bila kamu memakai virtual office, kamu harus pastikan operasional bisnis kamu sudah mengadopsi skema operasional hybrid atau sepenuhnya WFH/WFA. Ini adalah sebuah bentuk operasional modern baru yang sangat mengefektifkan biaya sumber daya manusia. Jangan salah, skema ini bila dilaksanakan dengan baik akan menguntungkan kedua belah pihak, dari sisi manajemen dan para karyawan.
Manajemen tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan yang dirasa tidak diperlukan, dan bisa sepenuhnya fokus pada gaji atau take home pay para karyawan yang bekerja secara daring. Dari sisi karyawan, para karyawan tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan tidak perlu habis waktu di perjalanan.
Selain itu, Virtual office biasanya sudah termasuk layanan resepsionis dan pengelolaan surat menyurat, sehingga Anda tak perlu mempekerjakan staf tambahan untuk tugas-tugas administratif.
5. Meningkatkan Citra Profesional di Mata Klien Dengan Harga Terjangkau
Memiliki alamat kantor di kawasan bergengsi seperti Sudirman, SCBD, atau Kuningan akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Ini memberikan kesan bahwa perusahaan Anda profesional dan terpercaya, meskipun dijalankan secara remote. Tetapi, dengan memakai virtual office, kamu jadinya tidak perlu membuat gedung kantor di wilayah-wilayah yang bergengsi itu. Ini dikarenakan memiliki properti di wilayah bergengsi pasti akan memiliki harga yang fantastis dari nilai tanahnya dan nilai bangunannya.
Memakai virtual office sangat ideal untuk:
- - Startup dan UMKM yang ingin menekan biaya awal
-
- - Konsultan, freelancer, dan agensi kreatif
- - Perusahaan yang sedang ekspansi ke kota baru
- - Bisnis online dan e-commerce
-
Menghemat biaya bukan berarti harus mengorbankan kelancaran operasional, produktivitas, hingga reputasi bisnis kamu. Ini bisa diwujudkan secara maksimal dengan menyewa virtual office dengan lokasi strategis di Kuningan City, Jakarta Selatan yang tersedia di Aviso Indonesia.
Tertarik mengalihkan operasional bisins kamu ke virtual office? Cari tahu paket virtual office terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda hari ini di Aviso Indonesia.
Kesimpulan
Kamu ingin menghemat biaya operasional kantor? Tenang saja, virtual office adalah jawabannya. Penggunaan virtual office dapat menghemat biaya operasional kantor kamu melalui beberapa hal yaitu efisiensi sumber daya manusia (operasional dan administrasi), fleksibilitas lokasi, tidak perlu ada biaya perawatan dan utilitas, hemat biaya sewa gedung, dan peningkatan citra profesional di mata klien atau customer dengan harga yang terjangkau.